Sunday, July 6, 2008

Nulis Dulu Atau Langsung Ngetik

Aku punya kebiasaan, jika ingin menulis sesuatu, entah itu artikel, puisi, cerpen atau yang lainnya, maka aku akan menuliskannya dulu di kertas atau buku. Barulah setelah aku merasa sreg dengan apa yang kutulis, aku akan mengetikkannya di komputer, baik itu file pribadi atau untuk saya publikasikan di blog.

Ada beberapa teman saya yang mengatakan, bahwa apa yang aku lakukan bukan sesuatu yang efektif, karea harus bekerja dua kali, nulis dulu baru kemudian mengetikkannya. Mengapa tidak mengetik langsung aja du komputer biar efektif, begitulah kira-kira kata beberapa temanku. Kalau dipikir-pikir, memang metodeku itu terasa tidak efektif, lebih banyak menghabiskan waktu dan tenaga. Tapi apa mau dikata, aku sudah terlanjur merasa nyaman dengan metode itu. Aku merasa tulisan-tulisanku lebih optimal dengan metode itu. Aku merasa ide-ideku lebih mudah muncul dan mengalir ketika menulis di buku/kertas dibandingkan dengan menulis langsung di komputer.

Entah mengapa, jika mengetik langsung di depan komputer dan kemudian tiba-tiba aliran ide itu terhenti, maka aku akan sulit mengalihkan perhatian dan pikiranku dari layar monitor dengan tangan tetap gemeretakan di atas keyboard meskipun tidak mengetik apa-apa. Aku kesulitan mengalihkan perhatian untuk kemudian membiarkan hayalku berjalan-jalan mencari penerangan untuk melancarkan kembali aliran ide dari kepala. Hal sseperti ini, tidak akan aku alami jika menulis di buku.

Mungkin ini hanyalah masalah kebiasaan. Dan aku pun yakin, masing-masing kamu punya kebiasaan-kebiasaan sendiri yang unik dalam menulis, seperti halnya kebiasaan dalam belajar.Sebagian dari kamu mungkin suka menulis langsung di depan laptpop dan sebagian lagi terbiasa menulsi duludi buku (mungkin karena gak punya laptop?he he). Kalau boleh aku ibaratkan, menulis itu seperti pergi menuntut ilmu ke sekolah. Kamu boleh lewat jalan beraspal atau lewat jalan-jalan di pematang sawah, yang terpenting kamu sampai di dekolah dan mendapatkan ilmu. Menulis itu ibarat makan apel, kamu boleh mngupasnya lebih dulu atau langsung memakannya asal di cuci lebih dulu, yang terpenting adalah kamu bisa merasakan daging buahnya yang manis

No comments:

Post a Comment

Silahkan kasih komentar di sini